Manajemen strategis didefinisikan sebagai satu set keputusan dan tindakan yang menghasilkan formulasi dan implementasi rencana yang dirancang untuk meraih tujuan suatu perusahaan. Manajemen strategis terdiri atas 9 tugas penting :
- Merumuskan misi perusahaan, termasuk pernyataan yang luas mengenai maksud, filosofi dan sasaran perusahaan.
- Melakukan suatu analisis yang mencerminkan kondisi dan kapabilitas internal perusahaan.
- Menilai lingkungan eksternal perusahaan, termasuk faktor persaingan dan faktor kontektual umum lainnya.
- Menganalisis pilihan-pilihan yang dimiliki oleh perusahaan dengan cara menyesuaikan sumber dayanya dengan lingkungan eksternal.
- Mengidentifikasi pilihan paling menguntungkan dengan cara mengevaluasi setiap pilihan berdasarkan misi perusahaan.
- Memilih satu set tujuan jangka panjang dan strategi utama yang menghasilkan pilihan paling menguntungkan tersebut.
- Mengembangkan tujuan tahunan dan strategi jangka pendek yang sesuai dengan tujuan jangka panjang dan strategi utama yang telah ditentukan.
- Mengimplementasikan strategi yang telah dipilih melalui alokasi sumber daya yang dianggarkan, di mana penyesuaian antara tugas kerja, manusia, struktur, teknologi, dan sistem penghargaan ditekankan.
- Mengevaluasi keberhasilan proses startegis sebagai masukan pengembalian keputusan di masa mendatang.
*) Tulisan ini disadur dari buku Manajemen Strategi; Karangan : John A. Pearce II dan Richard B. Robinson, Jr.
No comments:
Post a Comment